Kamis, 11 Oktober 2012

Materi Permintaan


PERMINTAAN
Pengertian Permintaan adalah Jumlah barang/jasa yang di Minta oleh pelanggan pada harga tertentu dalam kurun waktu tertentu dan tempat tertentu.
Faktor Penyebab terjadinya permintaan:
  1.  Harga 
  2.  Pendapatan
  3. Selera
  4. Harga Produk Lain
  5. Jumlah Penduduk
  6. Perkiraan harga yg akan datang 

JENIS-JENIS PERMINTAAN
Permintaan absolut/tak terjamin                      : Permintaan yang tidak dapat terpuaskan , karena tingkat harga
Permintaan potensial                                             : Tanpa didukung oleh daya beli, belum terdapat keinginan untuk membeli
Permintaan efektif                                                  : Memikirkan daya beli terhadap barang tersebut
Permintaan individual                                            : Datang dari diri pelanggan sendiri tanpa ada pengaruh atau peksaan dari pihak lain
Permintaan kolektif                                                :Permintaan-permintaan dari pelanggan atau kumpulan dari permintaaan individu

HUKUM PERMINTAAN


“Bila Harga barang Turun, maka Jumlah Barang yang diminta akan Naik, Bila Harga barang Naik, maka Jumlah Barang yang diminta akan Turun

REMEMBER...

Hukum permintaan dan Penawaran itu akan berlaku jika kondisinya tetap. Kondisi tetap itu dalam istilah ekonomi disebut Cateris Paribus

Misalnya :
 Pendapatan tetap
 Selera tetap
 Kondisi ekonomi tetap

contoh RPP SMK Pemasaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK NEGERI 2 MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Keahlian Pemasaran (Permintaan Pelanggan)
Kelas                                       : XII Pemasaran
Semester/Pertemuan                : Gasal / 1
Alokasi  Waktu                       : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi               : Menemukan Peluang Baru
Kompetensi  Dasar                  : Mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan
I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi :
-          Siswa mampu menjelaskan permintaan pelanggan
-          Siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-          Siswa mampu mengidentifikasi jenis permintaan
-          Siswa mampu mengidentifikasi kurve Permintaan
-          Siswa dapat menjelaskan hukum permintaan
-          Siswa dapat menjelaskan elastisitas permintaan
II.                Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan tentang  :
-          Pengertian permintaan pelanggan
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-          Jenis-jenis Permintaan
-          Kurve Permintaan
-          Hukum permintaan
-          Elastisitas permintaan
III.             Materi Pembelajaran
PERMINTAAN PELANGGAN
1.      Pengertian permintaan pelanggan
-          Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membeli atau permintaan adalah jumlah suatu barang yang akan dibeli oleh pelanggan dengan bermacam-macam harga dalam kurun waktu tertentu.
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan :
·         Penghasilan Konsumen
·         Harga barang yang ditawarkan
·         Selera konsumen
·         Harga barang lain
·         Perubahan susunan penduduk
·         Harga barang lain yang saling berkaitan
3.      Macam-macam permintaan
·         Permintaan potensial
·         Permintaan efektif
·         Permintaan tak terjamin
4.      Kurve permintaan


5.      Hukum Permintaan
Bunyi hukum permintaan : “Bila harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta lebih banyak, makin tinggi  harga maka makin sedikit jumlah barang yang diminta”
Syarat – syarat berlakunya hukum permintaan :
·         Barang yang sifatnya hanya untuk mendapat pujian
·         Tidak ada penghargaan atau perubahan harga yang drastis
·         Harga barang yang lain tetap
·         Pendapatan pelanggan tetap
·         Selera pelanggan tetap
6.      Elastisitas Permintaan
Elastisitas Permintaan adalah perbandingan antara perubahan jumlah permintaan barang dan jumlah perubahan harga
E =  Presentase perubahan barang yang diminta
       Presentase perubahan harga

Kemungkinan –kemungkinan dalam ( E )
a.    E > 1 ( Permintaan elastis )
b.   E < 1 ( Perintaan inelastis )
c.    E = 1 ( permintaan boederline )
d.   E = ∞ ( permintaan elastic sempurna )
e.    E = 0 ( permintaan inelastis sempurna )
Sebab-sebab yang mempengaruhi elastisitas permintaan
-          Barang substitusi
-          Jumlah pemakaian barang
-          Imbangan antara pendapatan dengan harga barang
-          Kebiasaan
IV.             Model Pembelajaran
-          Contextual Teaching and learning
V.                Metode Pembelajaran
-          Ceramah Bervariasi dengan penggunaan media Picture-picture
-          Tanya jawab
-          Penugasan

VI.             Kegiatan dan Alokasi waktu

Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
A.    Kegiatan Awal :
-          Mengucapkan salam
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menanyakan kondisi siswa
-          Menanyakan terkait materi pada pertemuan sebelumnya
-          Menginformasikan materi dan  tujuan pembelajaran
-          Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran
10 menit
Ceramah bervariasi

Tanya jawab
B.     Kegiatan Inti
Kegiatan Eksplorasi :
Guru melakukan sebagai berikut agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar :
-          Siswa berdiskusi tentang materi permintaan pelanggan. Meningkatkan toleransi, kreatif, dan komunikatif siswa
-          Siswa melakukan identifikasi kurve dan hukum permintaan. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa.
-           Siswa melakukan identifikasi macam-macam eastisitas permintaan. Meningkatkan rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja keras siswa
-          Siswa mengamati 2 perbandingan       ( yang salah dan yang benar ) Meningkatkan kerja keras, cermat, teliti, dan tanggung jawab siswa.

Kegiatan Elaborasi:
Guru menspesifikasikan peserta didik dalam pembelajaran kooperatif sehingga dapat berkompetensi secara sehat untuk mencapai prestasinya :
-          Siswa berdiskusi tentang materi permintaan. . Meningkatkan toleransi, kreatif, dan komunikatif siswa
-          Siswa menemukan macam-macam elastisitas permintaan
-          Siswa melihat perbedaan masing-masing elastisitas permintaan. Meningkatkan rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja keras siswa

Kegiatan Konfirmasi:
-          Guru menyimpulkan kegiatan siswa
-          Guru memberi petunjuk kepada siswa mengapa yang dikerjakan salah dan bagaimana yang benar
-          Guru mengajak siswa  menyimpulkan permintaan pelanggan


40 Menit




















20 Menit















10 Menit

Ceramah Bervariasi

Diskusi Tanya jawab

Demonstrasi

C.     Penutup
-          Menyimpulkan Hasil Belajar
-          Penugasan
-          Mengahiri Kegiatan Belajar mengajar

10 menit
Ceramah Bervariasi

Tanya Jawab
Jumlah
90 menit

90 menit x 2 pertemuan
180 menit


VII.          Alat dan Bahan
Alat:
1.      LCD
2.      Laptop
3.      White Board
4.      Spidol
Bahan:
1.      Buku Modul Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan, Penerbit Yudhistira
2.      Buku Modul Penjualan Kelas XII


VIII.       Penilaian
Penilaian tertulis
1.      Kisi-Kisi Soal
NO
Materi
Kompetensi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor soal
Aspek Kognitif
I
P1//P2
A
1
Permintaan Pelanggan
Macam-macam permintaan
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
1



2.

Permintaan pelanggan

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya permintaan

Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan

esay

2



3.
Permintaan Pelanggan
Syarat-syarat berlakunya hukum permintaan
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
3


4.
Permintaan pelanggan
Langkah menghitung koefisien elastisitas
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
4


5.
Permintaan Pelanggan
Pengertian permintaan elastic
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
5




2.      Bentuk soal:
No Soal
Soal
1)       
Sebutkan macam-macam permintaan!
2)       
Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya permintaan !
3)       
Sebutkan syarat berlakunya hokum permintaan !
4)       
Jelaskan cara menghitung koefisien elastisitas !
5)       
Jelaskan pengertian permintaan elastis!
3.      Kunci Jawban:
1)      Macam-macam permintaan :
-          Permintaan Potensial
-          Permintaan efektif
-          Permintaan tak terjamin
2)      Faktor – faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya permintaan :
-          Penghasilan Konsumen
-          Harga barang yang ditawarkan.
-          Selera konsumen.
-          Harga barang lain
-          Perubahan susunan penduduk.
3)      Syarat-syarat berlakunya hukum permintaan
-          Barang yang sifatnya hanya untuk mendapat pujian
-          Tidak ada penghargaan atau perubahan harga yang drastic
-          Harga barang yang lain tetap
-          Selera pelanggan tetap
4)      Cara menghitung koefisien elastisitas :
E = presentase perubahan barang yang diminta
      Presentase perubahan harga
5)      Permintaan elastis adalah apabila kenaikan atau penurunan permintaan sebesar 1% akan menyebabkan atau penurunan pada jumlah barang lebih besar (>)1%

4.      Norma Penilaian
No. Soal
Jenis Jawaban
Nilai
1 - 5
Jawaban Tepat dan Lengkap
20
Jawaban tepat tapi tidak Lengkap
15-19
Jawaban kurang tepat
2-5

Format Daftar Penilaian
No
Nama Siswa
Test Tertulis
Tugas
Penilaian Sikap
Nilai
Kerja Keras
Semangat
Kerapian
1







2







3







Dst







5.      Remidi
Ketuntasan minimal adalah 7,80 apabila mencapai KKM siswa harus remidi


                                                                              Magelang, 13 Agustus 2012

Guru Pamong,                                                       Guru Praktikan,




May Wilasih, S.Pd                                                Ahmad Fakhruroji
NIP.19710514 200312 2 001                               NIM: 7101409106