RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK NEGERI 2 MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran : Kompetensi
Keahlian Pemasaran (Permintaan Pelanggan)
Kelas : XII Pemasaran
Semester/Pertemuan : Gasal / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menemukan Peluang Baru
Kompetensi Dasar : Mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan
pelanggan
I.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
-
Siswa mampu
menjelaskan permintaan pelanggan
-
Siswa mampu
menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-
Siswa mampu
mengidentifikasi jenis permintaan
-
Siswa mampu
mengidentifikasi kurve Permintaan
-
Siswa dapat
menjelaskan hukum permintaan
-
Siswa dapat
menjelaskan elastisitas permintaan
II.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
mendeskripsikan tentang :
-
Pengertian
permintaan pelanggan
-
Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-
Jenis-jenis
Permintaan
-
Kurve Permintaan
-
Hukum permintaan
-
Elastisitas
permintaan
III.
Materi
Pembelajaran
PERMINTAAN PELANGGAN
1.
Pengertian
permintaan pelanggan
-
Permintaan
adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan
membeli atau permintaan adalah jumlah suatu barang yang akan dibeli oleh
pelanggan dengan bermacam-macam harga dalam kurun waktu tertentu.
2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan :
·
Penghasilan
Konsumen
·
Harga barang
yang ditawarkan
·
Selera konsumen
·
Harga barang
lain
·
Perubahan
susunan penduduk
·
Harga barang
lain yang saling berkaitan
3.
Macam-macam
permintaan
·
Permintaan
potensial
·
Permintaan efektif
·
Permintaan tak
terjamin
4.
Kurve permintaan
5.
Hukum Permintaan
Bunyi hukum
permintaan : “Bila harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta
lebih banyak, makin tinggi harga maka
makin sedikit jumlah barang yang diminta”
Syarat –
syarat berlakunya hukum permintaan :
·
Barang yang
sifatnya hanya untuk mendapat pujian
·
Tidak ada
penghargaan atau perubahan harga yang drastis
·
Harga barang
yang lain tetap
·
Pendapatan
pelanggan tetap
·
Selera pelanggan
tetap
6.
Elastisitas
Permintaan
Elastisitas
Permintaan adalah perbandingan antara perubahan jumlah permintaan barang dan
jumlah perubahan harga
E = Presentase perubahan
barang yang diminta
Presentase perubahan harga
Kemungkinan –kemungkinan dalam ( E )
a. E > 1 ( Permintaan elastis )
b. E < 1 ( Perintaan inelastis )
c. E = 1 ( permintaan boederline )
d. E = ∞ ( permintaan elastic sempurna )
e. E = 0 ( permintaan inelastis sempurna )
Sebab-sebab
yang mempengaruhi elastisitas permintaan
-
Barang
substitusi
-
Jumlah pemakaian
barang
-
Imbangan antara
pendapatan dengan harga barang
-
Kebiasaan
IV.
Model
Pembelajaran
-
Contextual
Teaching and learning
V.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
Bervariasi dengan penggunaan media Picture-picture
-
Tanya jawab
-
Penugasan
VI.
Kegiatan dan
Alokasi waktu
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
A. Kegiatan Awal :
-
Mengucapkan
salam
-
Mengabsen
kehadiran siswa
-
Menanyakan kondisi
siswa
-
Menanyakan
terkait materi pada pertemuan sebelumnya
-
Menginformasikan
materi dan tujuan pembelajaran
-
Menginformasikan
kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Ceramah bervariasi
Tanya jawab
|
B. Kegiatan Inti
Kegiatan
Eksplorasi :
Guru melakukan sebagai berikut agar siswa aktif
dalam kegiatan belajar mengajar :
-
Siswa
berdiskusi tentang materi permintaan pelanggan. Meningkatkan toleransi,
kreatif, dan komunikatif siswa
-
Siswa
melakukan identifikasi kurve dan hukum permintaan. Menimbulkan rasa
ingin tahu siswa.
-
Siswa melakukan identifikasi macam-macam
eastisitas permintaan. Meningkatkan rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja
keras siswa
-
Siswa
mengamati 2 perbandingan ( yang
salah dan yang benar ) Meningkatkan kerja keras, cermat, teliti, dan tanggung
jawab siswa.
Kegiatan
Elaborasi:
Guru menspesifikasikan peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif sehingga dapat berkompetensi secara sehat untuk
mencapai prestasinya :
-
Siswa berdiskusi
tentang materi permintaan. . Meningkatkan toleransi, kreatif, dan
komunikatif siswa
-
Siswa
menemukan macam-macam elastisitas permintaan
-
Siswa melihat
perbedaan masing-masing elastisitas permintaan. Meningkatkan rasa
ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja keras siswa
Kegiatan
Konfirmasi:
-
Guru
menyimpulkan kegiatan siswa
-
Guru memberi
petunjuk kepada siswa mengapa yang dikerjakan salah dan bagaimana yang benar
-
Guru mengajak
siswa menyimpulkan permintaan
pelanggan
|
40 Menit
20 Menit
10 Menit
|
Ceramah Bervariasi
Diskusi Tanya jawab
Demonstrasi
|
C. Penutup
-
Menyimpulkan
Hasil Belajar
-
Penugasan
-
Mengahiri
Kegiatan Belajar mengajar
|
10 menit
|
Ceramah Bervariasi
Tanya Jawab
|
Jumlah
|
90 menit
|
|
90 menit x 2 pertemuan
|
180 menit
|
|
VII.
Alat dan Bahan
Alat:
1.
LCD
2.
Laptop
3.
White Board
4.
Spidol
Bahan:
1.
Buku Modul
Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan, Penerbit Yudhistira
2.
Buku Modul
Penjualan Kelas XII
VIII.
Penilaian
Penilaian tertulis
1.
Kisi-Kisi Soal
NO
|
Materi
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor soal
|
Aspek Kognitif
|
I
|
P1//P2
|
A
|
1
|
Permintaan
Pelanggan
|
Macam-macam
permintaan
|
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan
hubungan dengan pelanggan
|
esay
|
1
|
|
|
|
2.
|
Permintaan
pelanggan
|
Faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya permintaan
|
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan
hubungan dengan pelanggan
|
esay
|
2
|
|
|
|
3.
|
Permintaan
Pelanggan
|
Syarat-syarat
berlakunya hukum permintaan
|
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan
hubungan dengan pelanggan
|
esay
|
3
|
|
|
|
4.
|
Permintaan
pelanggan
|
Langkah menghitung
koefisien elastisitas
|
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan
hubungan dengan pelanggan
|
esay
|
4
|
|
|
|
5.
|
Permintaan Pelanggan
|
Pengertian
permintaan elastic
|
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan
hubungan dengan pelanggan
|
esay
|
5
|
|
|
|
2.
Bentuk soal:
No Soal
|
Soal
|
1)
|
Sebutkan macam-macam permintaan!
|
2)
|
Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya permintaan !
|
3)
|
Sebutkan syarat berlakunya hokum permintaan !
|
4)
|
Jelaskan cara menghitung koefisien elastisitas !
|
5)
|
Jelaskan pengertian permintaan elastis!
|
3.
Kunci Jawban:
1)
Macam-macam
permintaan :
-
Permintaan
Potensial
-
Permintaan
efektif
-
Permintaan tak
terjamin
2)
Faktor – faktor
yang menyebabkan tinggi rendahnya permintaan :
-
Penghasilan
Konsumen
-
Harga barang
yang ditawarkan.
-
Selera konsumen.
-
Harga barang
lain
-
Perubahan
susunan penduduk.
3)
Syarat-syarat
berlakunya hukum permintaan
-
Barang yang
sifatnya hanya untuk mendapat pujian
-
Tidak ada
penghargaan atau perubahan harga yang drastic
-
Harga barang
yang lain tetap
-
Selera pelanggan
tetap
4)
Cara menghitung
koefisien elastisitas :
E = presentase perubahan barang yang diminta
Presentase
perubahan harga
5)
Permintaan
elastis adalah apabila kenaikan atau penurunan permintaan sebesar 1% akan
menyebabkan atau penurunan pada jumlah barang lebih besar (>)1%
4.
Norma Penilaian
No. Soal
|
Jenis Jawaban
|
Nilai
|
1 - 5
|
Jawaban Tepat
dan Lengkap
|
20
|
Jawaban tepat
tapi tidak Lengkap
|
15-19
|
Jawaban kurang
tepat
|
2-5
|
Format Daftar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Test Tertulis
|
Tugas
|
Penilaian
Sikap
|
Nilai
|
Kerja Keras
|
Semangat
|
Kerapian
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Remidi
Ketuntasan
minimal adalah 7,80 apabila mencapai KKM siswa harus remidi
Magelang,
13 Agustus 2012
Guru Pamong, Guru
Praktikan,
May Wilasih, S.Pd Ahmad
Fakhruroji
NIP.19710514 200312 2 001 NIM:
7101409106