Kamis, 11 Oktober 2012

contoh RPP SMK Pemasaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK NEGERI 2 MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Kompetensi Keahlian Pemasaran (Permintaan Pelanggan)
Kelas                                       : XII Pemasaran
Semester/Pertemuan                : Gasal / 1
Alokasi  Waktu                       : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi               : Menemukan Peluang Baru
Kompetensi  Dasar                  : Mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan
I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi :
-          Siswa mampu menjelaskan permintaan pelanggan
-          Siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-          Siswa mampu mengidentifikasi jenis permintaan
-          Siswa mampu mengidentifikasi kurve Permintaan
-          Siswa dapat menjelaskan hukum permintaan
-          Siswa dapat menjelaskan elastisitas permintaan
II.                Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan tentang  :
-          Pengertian permintaan pelanggan
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan
-          Jenis-jenis Permintaan
-          Kurve Permintaan
-          Hukum permintaan
-          Elastisitas permintaan
III.             Materi Pembelajaran
PERMINTAAN PELANGGAN
1.      Pengertian permintaan pelanggan
-          Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membeli atau permintaan adalah jumlah suatu barang yang akan dibeli oleh pelanggan dengan bermacam-macam harga dalam kurun waktu tertentu.
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan :
·         Penghasilan Konsumen
·         Harga barang yang ditawarkan
·         Selera konsumen
·         Harga barang lain
·         Perubahan susunan penduduk
·         Harga barang lain yang saling berkaitan
3.      Macam-macam permintaan
·         Permintaan potensial
·         Permintaan efektif
·         Permintaan tak terjamin
4.      Kurve permintaan


5.      Hukum Permintaan
Bunyi hukum permintaan : “Bila harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta lebih banyak, makin tinggi  harga maka makin sedikit jumlah barang yang diminta”
Syarat – syarat berlakunya hukum permintaan :
·         Barang yang sifatnya hanya untuk mendapat pujian
·         Tidak ada penghargaan atau perubahan harga yang drastis
·         Harga barang yang lain tetap
·         Pendapatan pelanggan tetap
·         Selera pelanggan tetap
6.      Elastisitas Permintaan
Elastisitas Permintaan adalah perbandingan antara perubahan jumlah permintaan barang dan jumlah perubahan harga
E =  Presentase perubahan barang yang diminta
       Presentase perubahan harga

Kemungkinan –kemungkinan dalam ( E )
a.    E > 1 ( Permintaan elastis )
b.   E < 1 ( Perintaan inelastis )
c.    E = 1 ( permintaan boederline )
d.   E = ∞ ( permintaan elastic sempurna )
e.    E = 0 ( permintaan inelastis sempurna )
Sebab-sebab yang mempengaruhi elastisitas permintaan
-          Barang substitusi
-          Jumlah pemakaian barang
-          Imbangan antara pendapatan dengan harga barang
-          Kebiasaan
IV.             Model Pembelajaran
-          Contextual Teaching and learning
V.                Metode Pembelajaran
-          Ceramah Bervariasi dengan penggunaan media Picture-picture
-          Tanya jawab
-          Penugasan

VI.             Kegiatan dan Alokasi waktu

Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
A.    Kegiatan Awal :
-          Mengucapkan salam
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Menanyakan kondisi siswa
-          Menanyakan terkait materi pada pertemuan sebelumnya
-          Menginformasikan materi dan  tujuan pembelajaran
-          Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran
10 menit
Ceramah bervariasi

Tanya jawab
B.     Kegiatan Inti
Kegiatan Eksplorasi :
Guru melakukan sebagai berikut agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar :
-          Siswa berdiskusi tentang materi permintaan pelanggan. Meningkatkan toleransi, kreatif, dan komunikatif siswa
-          Siswa melakukan identifikasi kurve dan hukum permintaan. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa.
-           Siswa melakukan identifikasi macam-macam eastisitas permintaan. Meningkatkan rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja keras siswa
-          Siswa mengamati 2 perbandingan       ( yang salah dan yang benar ) Meningkatkan kerja keras, cermat, teliti, dan tanggung jawab siswa.

Kegiatan Elaborasi:
Guru menspesifikasikan peserta didik dalam pembelajaran kooperatif sehingga dapat berkompetensi secara sehat untuk mencapai prestasinya :
-          Siswa berdiskusi tentang materi permintaan. . Meningkatkan toleransi, kreatif, dan komunikatif siswa
-          Siswa menemukan macam-macam elastisitas permintaan
-          Siswa melihat perbedaan masing-masing elastisitas permintaan. Meningkatkan rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerja keras siswa

Kegiatan Konfirmasi:
-          Guru menyimpulkan kegiatan siswa
-          Guru memberi petunjuk kepada siswa mengapa yang dikerjakan salah dan bagaimana yang benar
-          Guru mengajak siswa  menyimpulkan permintaan pelanggan


40 Menit




















20 Menit















10 Menit

Ceramah Bervariasi

Diskusi Tanya jawab

Demonstrasi

C.     Penutup
-          Menyimpulkan Hasil Belajar
-          Penugasan
-          Mengahiri Kegiatan Belajar mengajar

10 menit
Ceramah Bervariasi

Tanya Jawab
Jumlah
90 menit

90 menit x 2 pertemuan
180 menit


VII.          Alat dan Bahan
Alat:
1.      LCD
2.      Laptop
3.      White Board
4.      Spidol
Bahan:
1.      Buku Modul Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan, Penerbit Yudhistira
2.      Buku Modul Penjualan Kelas XII


VIII.       Penilaian
Penilaian tertulis
1.      Kisi-Kisi Soal
NO
Materi
Kompetensi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor soal
Aspek Kognitif
I
P1//P2
A
1
Permintaan Pelanggan
Macam-macam permintaan
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
1



2.

Permintaan pelanggan

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya permintaan

Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan

esay

2



3.
Permintaan Pelanggan
Syarat-syarat berlakunya hukum permintaan
Mendiskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
3


4.
Permintaan pelanggan
Langkah menghitung koefisien elastisitas
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
4


5.
Permintaan Pelanggan
Pengertian permintaan elastic
Mendeskripsikan hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan
esay
5




2.      Bentuk soal:
No Soal
Soal
1)       
Sebutkan macam-macam permintaan!
2)       
Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya permintaan !
3)       
Sebutkan syarat berlakunya hokum permintaan !
4)       
Jelaskan cara menghitung koefisien elastisitas !
5)       
Jelaskan pengertian permintaan elastis!
3.      Kunci Jawban:
1)      Macam-macam permintaan :
-          Permintaan Potensial
-          Permintaan efektif
-          Permintaan tak terjamin
2)      Faktor – faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya permintaan :
-          Penghasilan Konsumen
-          Harga barang yang ditawarkan.
-          Selera konsumen.
-          Harga barang lain
-          Perubahan susunan penduduk.
3)      Syarat-syarat berlakunya hukum permintaan
-          Barang yang sifatnya hanya untuk mendapat pujian
-          Tidak ada penghargaan atau perubahan harga yang drastic
-          Harga barang yang lain tetap
-          Selera pelanggan tetap
4)      Cara menghitung koefisien elastisitas :
E = presentase perubahan barang yang diminta
      Presentase perubahan harga
5)      Permintaan elastis adalah apabila kenaikan atau penurunan permintaan sebesar 1% akan menyebabkan atau penurunan pada jumlah barang lebih besar (>)1%

4.      Norma Penilaian
No. Soal
Jenis Jawaban
Nilai
1 - 5
Jawaban Tepat dan Lengkap
20
Jawaban tepat tapi tidak Lengkap
15-19
Jawaban kurang tepat
2-5

Format Daftar Penilaian
No
Nama Siswa
Test Tertulis
Tugas
Penilaian Sikap
Nilai
Kerja Keras
Semangat
Kerapian
1







2







3







Dst







5.      Remidi
Ketuntasan minimal adalah 7,80 apabila mencapai KKM siswa harus remidi


                                                                              Magelang, 13 Agustus 2012

Guru Pamong,                                                       Guru Praktikan,




May Wilasih, S.Pd                                                Ahmad Fakhruroji
NIP.19710514 200312 2 001                               NIM: 7101409106

Tidak ada komentar:

Posting Komentar