Selasa, 16 April 2013

Pendistribusian Naskah UN di Jateng Lancar



          SEMARANG, suaramerdeka.com - Pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA, MA, SMK di wilayah provinsi Jawa Tengan (Jateng) berjalan dengan aman, lancar, dan tertib sesuai dengan rencana.
          “Berdasarkan hasil pengawasan dan pemantauan yang dilakukan, sampai hari ketiga pelaksanaan UN proses ujian nasional SMA se Jawa Tengah secara umum berlangsung tertib, lancar, dan aman sesuai dengan rencana,” kata Penanggung Jawab Bidang Pengawasan Pelaksanaan Ujian Nasional Prof Dr Fathur Rokhman Mhum di Jakarta, Rabu (17/4).
          Prof Fathur Rokhman yang juga Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengemukakan, Unnes dipercaya kembali oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai penyelenggara ujian nasional SMA/MA, SMK dan Paket C tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun pelajaran 2012/2013.
          Unnes dalam pelaksanaan UN bekerjasama dengan 120 PTN/PTS di Jawa Tengah dengan melibatkan 3.179 dosen mulai dari koordinator kabupaten/kota, rayon/subrayon, dan sampai pengawas tingkat satuan pendidikan, kata Prof Fathur.
          Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau kebocoran soal, mengingat secara nasional ada 11 provinsi yang pelaksanaan UN di tunda karena keterlambatan pendistribusian soal.
untuk itu, lanjut Prof Fathur, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau kebocoran soal pihak Unnes menarik kembali soal yang dikerjakan siswa, kemudian soal-soal itu di simpan di gudang rayon, pintunya digembok berlapis tiga.
          Gembok 1 dipegang oleh Unnes, gembok 2 dipegang Dinas Pendidikan, dan gembok 3 dipegang kepolisian. Jadi gudang bisa dibuka apabila ketiga orang pemegang gembok itu datang secara bersamaan, tegas Prof Fathur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar