Jumat, 31 Agustus 2012

PERMINTAAN PELANGGAN

PERMINTAAN PELANGGAN
Dalam melakukan analisi pelanggan, sesorang Pengusaha perlu memperkirakan jumlah permintan pelanggan atas barang yang dimiliki. Tujuan dari analisi permintaan pelanggan adalah untuk menentukan besarnya permintaan akan suatu barang , sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan.
Permintaan suatu barang tergantung pada harga barang itu sendiri, harga barang lainnya, susunan penduduknya, penghasilannya, dan selera konsumen. Permintaan akan timbul, bilamana ada kebutuhan terhadap barang yang dibutuhkannya dan konsumen yang bersangkutan mampu untuk membayarnya. Besar Kecilnya permintaan konsumen terhadap sesuatu barang tergantung dari beberapa determinan (penentu). Adapun penentu-penentu yang dapat menentukan besar kecilnya permintaan konsumen, di antaranya:
1.     Tingkat Pendapatan Konsumen
Jika penghasilan konsumen besar, maka banyaknya barang yang diminta akan banyak. Daya beli pelanggan sangat ditentukan oleh penghasilanya atau pendapatanya, daya beli akan semakin naik jika pendapatan bertambah, dan sebaliknya daya beli akan randah jika pendapatanya rendah pula.
2.     Harga Barang yang ditawarkan
            Semakin tinggi harga barang maka permintaan konsumen terhadap barang akan sedikit jumlahnya, begitu juga sebaliknya jika harga barang relative murah, maka permintaan konsumen terhadap barang akan bertambah.
            Tinggi rendahnya Harga barang, yang ditawarkan akan berpengaruh terhadap permintaan, harga yang terlalu tinggi, kemungkinan akan membuat barang tidak terbeli oleh pelanggan dan kalau terlalu rendah akan merugi atau pelanggan curiga menyangka mutu produk tidak berkualitas, untuk itu faktor harga harus dipertimbangakan dengan baik, karena akan mempengaruhi faktor Psikologis pelanggan dalam menentukan pilihanya.
3.     Selera Konsumen
Selera konsumen terhadap barang yang diinginkan adalah determinan permintaan. Kebutuhan dan selera seorang pelanggan dengan pelanggan lain pasti ada perbedaan, setiap waktu kebutuhan dan selera bisa saja berubah karena hal itu dinamis, maka kepekaan dalam melakukan pengamatan dan analisa terhadap pelanggan dan kebutuhanya merupakan hal yang bermanfaat demi merebut kesempatan usaha.
4.     Harga Barang lainya
Barang yang saling melengkapi (komplementer) dan barang pengganti atau substitusi dan barang saingya, akan berpengaruh terhadap banyaknya barang yang ditawarka produsen.
-        Hubungan Barang Komplementer : Jika Harga suatu barang naik, maka Jumlah permintaan barang komplementernya akan turun, Misalnya harga kopi meningkat, maka permintaan akan Krimer Kopi menurun.
-        Hubungan Barang Subtitusi : Jika harga suatu barang naik, maka permintaan barang subtitusinya akan meningkat. Misalnya harga minyak tanah naik, maka permintaan akan Tabung gas meningkat.
5.     Perubahan Susunan penduduk
Perubahan susunan penduduk, baik umurnya, maupun jumlahnya, akan berpengaruh terhadap permintaan suatu barang. Begitu pula berkurangya jumlah penduduk disuatu tempat, akan berpengaruh pada permintaan suatu barang.

Permintaan dapat dibedakan menjadi tiga jenis:
a.      Permintaan potensial
Permintaan yang menunjukan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang tanpa memikirkan daya beli terhadap barang tersebut.
b.     Permintaan efektif
Permintaan yang menunjukan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang dengan memikirkan daya beli terhadap suatu barang tersebut.
c.      Permintaan tak terjamin
Permintaan yang dinyatakan dipasar dalam suatu penawaran harga barang-barang dan jasa tetapi karena berdasarkan tingkat harganya, permintaan tersebut tak dapat terpuaskan baik oleh penjual maupun pembeli.

Permintaan Individu dan permintaan Kolektif
Permintaan yang datang dari diri pelanggan sendiri tanpa ada pengaruh atau peksaan dari pihak lain. Permintaan kolektif merupakan permintaan-permintaan dari pelanggan atau kumpulan dari permintaaan individu. Contoh:

Harga Satuan (Rp)
Permintaan individual


Permintaan Kolektiv

Pelanggan A
Pelanggan B
Pelanggan C
Kumpulan Pelanggan
1000,00
2000,00
3000,00
10
8
6
20
12
9
30
16
11
60
36
27

Surplus Pelanggan
Merupakan kemampuan membeli pelanggan diatas Harga rata-rata yang dtetapkan oleh pasar.  
Hukum Permintaan
Bila harga suatu barang turun, maka, jumlah barang yang diminta lebih banyak, makin tinggi harga maka makin sedikit jumlah barang yang diminta“

Kurva permintaan

 Hukum permintaan tersebut akan berlaku diseluruh kalangan masyarakat, apabila memenuhi syarat syarat sebagai berikut:

1.      Barang yang sifatnya hanya untuk mendapat pujian misalnya perhiasan
(emas) berlian dan tidak mempengaruhi banyaknya permintaan.

2.     Tidak ada pengharapan (expectation)atas perubahan harga dengan drastis,
permintaan pelanggan terhadap suatu barang tidak akan bertambah apabila harga barang tersebut turun.

3.     Harga barang yang lain tetap
Jika harga barang subtitusi dan komplementer ada perubahan, tanpa adanya perubahan pada harga barang yang dimaksud, maka permintaan dapat berubah, sebaliknya dengan adanya perubahan pada harga dan bersamaan dengan itu harga barang subtitusi dan komplementernya berubah maka permintaan akan tetap.

4.     Pendapatan pelanggan tetap
Permintaan pelanggan terhadap barang barang akan berubah tanpa adanya penurunan harga pada barang barang terserbut, hal tersebut akan terjadi apabila pendapatan pelanggan berubah.

5.     Selera (taste) pelanggan tetap
Jika selera pelanggan berubah maka permintaan terhadap suatu barang tidak akan meningkat walaupun adanya penurunan pada barang tersebut, sebaliknya jika selera pelanggan tidak berubah maka permintaan terhadap suatu barang akan meningkat meskipun tanpa adanya penurunan harga barang.
            Selain permintaan potensial dan permintaan efektif ada juga permintaan individual dan permintaan kolektif (permintaan pasar/market demand) permintaan individual yaitu permintaan yang datang dari diri pelanggan sendiri tanpa tanpa ada pengaruh atau paksaan dari pihak lain. Sedangkan permintaan kolektif yaiti permintaan-permintaan dari pelanggan (kumpulan dari permintaan individu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar